KOTA METRO SEBAGAI KOTA PENDIDIKAN
KOTA METRO SEBAGAI KOTA PENDIDIKAN
Oleh: Muhammad Khumroni, S.E.
Metro di sebut dengan kota pendidikan sangatlah tepat kerana di
kota Metro terdapat banyak sekolahan-sekolahan mulai dari PAUD sampai SMA, dan
SMK. Di samping itu juga di kota metro juga terdapat perguruan tinggi negri
maupun swasta. Salah satunya adalah Institut Agama Islam Negeri IAIN Metro
Lampung. Selain itu di kota Metro juga terdapat sarana pendidikan non formal
yang sifatnya mencerdaskan anak bangsa.
Di pagi hari kendaraan-kendaran angkutan perkotaan mulai
dari lampung tengah dan lampung timur di penuhi oleh pelajar yang berangkat
menuju sekolah mereka begitu juga sebaliknya. Pada siang haripun banyak angkot
yang di penuhi oleh para pelajar yang berangkat pulang menuju rumah mereka
masing-maing.
Sebagi pendukung kota Metro sebagai kota pendidikan di bangun
sebuah gedung perpustakaan yang terdapat di jantung kota, dan dikenal dengan
nama perpustakaan daerah. Perpustakaan daerah ini sangat efektik untuk
menunjang pengetahuan pelajar maupun mahasiswa. Perpustakan ini memiliki
berbagai fasilitas diantaranya adalah adanya hotspot dan pustaka.
Salah satu pembuktian keberhasilan kota metro dalam bidang
pendidika adalah siswa maupun siswi yang berprestasi banyak yang mengikuti kejuaraan-kejuaraan
regional maupun nasional serta mendapatkan juara.
Ada beberapa kekurangan yang perlu di benahi sebagia kota
pendidikan diantaranya adalah minimya fasilittas penunjang pendidikan yang ada
di kota Metro seperti: akses toko buku, akes toko buku di kota Metro relatif masih
sulit. Toko buku yang ada di kota Metro cuma ada di shopinng center itu pun
koleksi yang di sediakan di toko buku tersebut masih minim dan kurang lengkap.
Pelajar serta mahasiswa harus pergi jauh-jauh menuju gramedia di Bandar Lampung untuk membeli buku yang lengkap dan
sesuai dengan yang diinginkan.
Sedangkan diperpustakaan daerah sendiri jarang mengeluarkan koleksi
buku baru dan terkesan buku-buku yang terdapat di perpustakaan daerah koleksi
bukunya sudah jadul. dan koleksi buku yang ada di perpustakaan daaerah itu-itu
saja. seharusnya di perpustakaan daerah lebih meningkatkan lagi fungsi
sebagai penyedia buku untuk di pelajari. Selain itu perpustakaan daerah harus
update terus di dalam menambah koleksi buku-bukunya. Selain itu
permasalahan yang ada di Metro adalah mengenai pengunaan warnet sebagai sarana
mencari bahan serta informasi yang di perlukan oleh pelajar ataupun mahasiswa
malah salah dipergunakan.
Jaringan internet di kota Metro sudah cukup luas tetapi mengapa di
warnet lebih banyak digunakan untuk game online. Saya pernah pergi ke sebuah
warnet di daerah banjarsari Metro utara. Di dalam warnet tersebut kebayakan
para pelajar SMA dan SMP. Kebanyakan dari mereka bermain game online. mereka
bukanya memanfaatkan warnet tersebut dengan mencari yang positif-positif tetapi
mereka malah bermain game yang sifatnya
menghibur semata. Mungkin seharusnya ada kebijakan dari pemerintah tentang pembatasan game online tersebut.
Selain itu pemerintah kota Metro juga harus memperhatikan anak-anak
yang sebenarnya memiliki potensi tetapi dalam keadaan ekonomi yang kurang mampu,
seperti anak-anak yang putus sekolah yang di karenakan tidak adanya biaya.
Seharusnya pemerintah kota Metro mendata siswa yang kurang mampu di setiap
sekolahan-sekolahan di kota Metro mulai dari SD sampai SMA, dan sekolahan swasta maupun Negri. Agar mereka
mendapatkan biayasiswa dan bila perlu di gratiskan. Serta pemerintah mengupayakan ketersediaan dan keterjangkauan
memeperoleh kesempatan pendiddikan yang bermutu bagi seluruh masyarakat metro. Disamping itu juga pemerintah memperhatikan sekolahan-sekolahan
swasta maupun Negri yang belum memadai serta belum lengkap fasilitas formal di
dalam sekolah. Agar para murid mendapatkan pembelajaran yang layak. Jika itu
terwujud sekolahan-sekolahan swasta maupun Negri dapat meningkatkan
lulusan-lulusan yang berkualitas, terampil, berwawasan, serta profesional.
Selain itu pemerintah daerah juga harus memperhatikan
pahlawan-pahlawan yang ada di sekolah yaitu guru-guru. Pemerintah harus meningkatkan
kesejahteraan guru yang belum bersertifikasi
(guru honor) maupun guru negri (PNS). Sehingga mendapatkan penghasilan yang
layak untuk mencukupi kehidupanyan. Dan pemerintah juga harus mengkeordinir
setiap kepala sekolah agar lebih meningkatkan kinerja staf-staf sekolahan masing-masing dalam
mengajar. Agar dapat menambah kedisiplinan
para siswa. Selain itu peranan peranan seorang guru di dalam dalam mengajar
sangatlah dibutuhkan guna meningkatkan
kepribadian yang bermoral, beriman serta bertaq’wa. Oleh sebab itu sangatlah
penting meningkatkan kesejahteraan guru pendididk.
Pemerintah kota Metro juga harus memperhatikan masalah-masalah yang
di hadapi untuk menjadikan kota Metro sebagai kota pendidikan yang berkualitas
berdaya saing tinggi serta mampu untuk bersaing dengan daerah daerah lain,
seperti bagaimana cara untuk meningkatkan kinerja–kinerja dan kualitas guru
pengajar, bagaimana cara untuk menambah fasilitas-fasilitas khususnya akses
buku dan penambahan koleksi buku yang ada di perpustakaan daerah kota Metro. Agar
pelajar dan mahasiswa tidak perlu pergi jauh-jauh ke gramedia Bandar Lampung, dan bagaimana caranya agar Metro menjadi
kota pendidikan yang sebenarnya seperti Yogyakarta yang disebut dengan kotanya
pelajar.
Semua kekurangan tersebut haruslah di benahi agar menjadikan kota Metro
sebagai kota pendidikan yang sebenarya. agar semua dapat berjalan dengan baik
di perlukan kerjasama antara murid, guru-guru pengajar, dan semua pihak yang
terkait dalam pengembangan dan penerapan
kota Metro sebagai kota pendidikan agar kota metro menjadi kota pendidikan yang
unggul, berwawasan global, bermutu, dan profesional.
Comments
Post a Comment